Teknologi Untuk Mengobati Anemia

 Teknologi yang Digunakan

Pengobatan Anemia Hemolitik yang Bisa Dilakukan

1. Transfusi Darah

Transfusi darah adalah prosedur untuk menyalurkan darah yang terkumpul dalam kantung darah kepada orang yang membutuhkan darah, melalui pembuluh darah vena. Beberapa jenis anemia bisa diobati dengan melakukan transfusi darah. 

Berkat teknologi yang sekarang, seseorang bisa mengecek golongan darahnya dan bisa mengetahui apakah ia bisa mendonorkan darahnya kepada pasien.

Transfusi PRC adalah salah satu jenis transfusi darah yang dibutuhkan oleh pasien anemia. Tranfusi PRC (packed red cell) adalah tranfusi darah yang hanya mendonorkan sel darah merah. Anemia bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa penyakit yang dapat mengakibatkan anemia dan membutuhkan transfusi sel darah merah, yaitu thalasemia, anemia aplastik, atau anemia karena perdarahan.


2. Transplantasi Sum

Transplantasi Sumsum Tulang, Tindakan Medis untuk Mengganti Sumsum Tulang  yang Rusak

Ketika sumsum tulang mengalami kerusakan, produksi sel darah mengalami gangguan sehingga menghasilkan sel darah yang tidak sehat dan tidak berfungsi secara normal, atau berkurang produksinya.

Salah satu cara untuk menangani kondisi ini adalah dengan transplantasi sumsum tulang atau sel punca. Operasi ini dilakukan dengan cara memasukkan sel induk darah sehat ke dalam tubuh pasien, agar dapat mengembalikan fungsi sumsum tulang dalam memproduksi sel darah sehat.

Hal ini bisa dilakukan untuk mengobati pasien anemia jenis thalasemia, yaitu anemia yang disebabkan karena bawaan genetik dari orang tuanya.



Daftar Pustaka
https://www.alodokter.com/transfusi-darah-ini-yang-harus-anda-ketahui
https://www.smarterhealth.id/tindakan/transfusi-darah/
https://www.alodokter.com/transplantasi-sumsum-tulang-dan-hal-hal-penting-yang-ada-di-dalamnya


Comments